Analisis Efisiensi Usahatani Tanaman Sengon Laut (Albazia falcataria) (Studi di Desa Pondok Agung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang) … (102)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan besarnya biaya, produksi, penerimaan dan keuntungan usahatani sengon laut. Penelitian ini di fokuskan pada identifikasi efisiensi usaha yang diukur dengan Revenue Cost ratio (RCR). Penelitian ini dilakukan di desa Pondok Agung kecamatan Kasembon kabupaten Malang pada bulan Oktober 2005. Sampel diambil secara acak sederhana (simple Random Sampling) sebanyak 20 orang dari populasi 63 orang petani sengon laut di desa Pondok Agung. Penelitian bersifat deskriptip sehingga hanya menggunakan satu variabel mandiri tanpa membuat strata untuk diperbandingkan. 

Uji yang digunakan adalah t test dengan dk = 19 dan tingkat kepercayaan 95% atau  = 0,05 pada uji satu sisi sebelah kanan. Dari tabel analisis diperoleh data sebagai beikut : t hitung ternyata lebih besar dari pada t tabel yaitu 28,57 > 1,729 sehingga Ho ditolak atau Ha diterima. Oleh karena itu hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Usahatani sengon di desa Pondok Agung kecamatan Kasembon kabupaten Malang ternyata cukup menguntungkan. Hal ini dapat diindikasikan RCR telah mencapai 2,98 (layak). Sehingga Ho yang menyatakan efisiensi usaha baru mencapai paling besar sama dengan 1 (satu) ternyata tidak terbukti 2. Besarnya biaya tetap ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan biaya variabelnya. 

Hal ini menguntungkan petani karena biasanya biaya tetap tidak dikeluarkan secara riil sehubungan dengan kepemilikannya sendiri, misalnya sewa tanah. 3. Keuntungan yang diperoleh per ha sebesar Rp.22.101.088,- yang diperoleh selama dua kali pemanenan yaitu pada tahun ke-III (masa penjarangan) dan masa panen akhir (total) pada tahun ke-VI. Pemanenan pada tahun ke-III memberi peluang kepada petani untuk memperoleh hasil sebelum menanti panen akhir. Hal ini sangat membantu likwiditas petani.
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
×
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...