Pengaruh Motivasi Terhadap Perilaku Kerja Petani Tebu (Studi di Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri) … (92)

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa jauh motivasi berpengaruh terhadap perilaku kerja petani tebu. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri pada bulan Agustus – Oktober 2005. Jenis survei dengan mengamati dua faktor, motivasi dan perilaku kerja. Faktor pertama motivasi yang terdiri dari 2 variabel intern dan ekstern sedangkan perilaku terdiri dari dua variabel yaitu sikap dan pengambilan keputusan. 

Peubah motivasi intern terdiri dari tujuan (X11), pendidikan (X12), pengalaman (X13), peubah motivasi ekstern terdiri dari harga (X21), dukungan keluarga (X22), dukungan pemerintah (X23), status kepemilikan tanah (X24), luas lahan (X25), ketersediaan air (X26), dan musim (X27). Peubah sikap terdiri dari kreatifitas (LY11) dan inivatif (LY12), peubah pengambilan keputusan terdiri dari pengambilan keputusan rasional (LY21) dan tidak rasional (LY22). Pengukuran peubah dengan menggunakan skala interval dan skala rasio dengan skor 1-4. 

Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel area. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, kuisioner dan studi dokumentasi. Model analisis yang digunakan adalah analisis faktor, regresi dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan motivasi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap sikap kreatifitas, tetapi memberikan pengaruh nyata terhadap sikap inovatif petani. Motivasi memberikan pengaruh nyata terhadap pengambilan keputusan rasional maupun keputusan tidak rasional. 

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
×
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...