Strategi Perluasan Budidaya Tanaman Padi Untuk Stabilitas Ketahanan Pangan Di Kabupaten Kediri … (62)

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor kekuatan dan kelemahan internal, serta peluang dan ancaman eksternal dalam perluasan penanaman padi, dalam rangka merumuskan strategi perluasan penanaman padi untuk stabilitas ketahanan pangan di Kabupaten Kediri. Metode analisis yang dipergunakan untuk merumuskan strategi perluasan penanaman padi untuk stabilitas ketahanan pangan di Kabupaten Kediri adalah SWOT analisis. Hasil analisis faktor internal terdiri dari kekuatan yaitu : jumlah kelompok tani cukup, baku lahan sawah sangat luas, produktivitas tinggi, jumlah ternak sapi cukup tinggi, indek penanaman masih rendah, penguasaan teknologi cukup tinggi. 

Kelemahan yaitu : pemilikan lahan sempit, petani bersifat subsistem, menejemen usahatani lemah, modal berusahatani kecil, sebagaian petani bersifat individu, pendidikan petani rata-rata rendah. Hasil analisis faktor eksternal terdiri dari Peluang yaitu desentralisasi, dukungan pemerintah pusat, kebutuhan beras tinggi, jumlah penyuluh pertanian tinggi, kios saprodi banyak, perkembangan teknologi pertanian. Ancaman : globalisasi, kesempatan kerja di luar negeri, berkembangnya perumahan rakyat, meningkatnya harga produk hortikultura, subsidi beras pemerintah pusat, tidak adanya subsidi harga saprotan. 

Strategi yang ditetapkan dalam rangka perluasan penanaman tanaman padi untuk ketahanan pangan di Kabupaten Kediri adalah : (1) Koordinasi Dinas lingkup pertanian dalam rangka program perluasan areal tanam padi untuk ketahanan pangan di Kabupaten Kediri, (2) Rembug kelompok tani se Kabupaten Kediri untuk pengaturan pola tanam dalam rangka peningkatan Indek Penanaman, (3) Bantuan pompa air pada kelompok tani, disertai pelatihan menejemn dan tehnologi operasional, untuk meningkatkan debet air di musim kemarau, (4) Proyek peningkatan mutu intensifiksi padi dengan memanfaatkan dana bantuan langsung masyarakat untuk peningkatan indek penanaman dan produktivitas padi, (5) Sekolah lapang penanaman padi dengan memanfaatkan tenaga Penyuluh Pertanian, (6) Dem cara pembuatan pupuk organik dengan memanfaatkan limbah padat atau cair ternak sapi. 

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...