Mempelajari Kelayakan Usahatani Pembibitan Sengon (albizia falcataria) (Studi Kasus Di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo)… (106)

Suatu penelitian dilaksanakan pada bulan Nopember - Desember 2005 di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo. Jumlah responden (petani sengon) sebanyak 25 petani yang tersebar di Kecamatan Leces. Penentuan lokasi dan petani dengan metode Purposive Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Deskriptif dalam bentuk studi kasus. 

Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder. Data yang telah diperoleh dari penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisa deskriptif dan analisa kuantitatif. Parameter yang diukur adalah : a. penerimaan usaha tani b. Pendapatan usaha tani c. keuntungan usahatani c. Efisiensi atau layak tidaknya usaha tani. Hasil penelitian pembibitan tanaman sengon (Albizia falcataria) di Kecamatan Leces Kabupaten Probolinggo per periode pembibitan (6 bulan) dapat disimpulkan bahwa biaya usaha tani pembibitan tanaman sengon sebesar Rp 11.150.620,-, besarnya penerimaan usaha tani pembibitan tanaman sengon sebesar Rp 20.889.600,-, keuntungan yang diperoleh petani dari usaha tani pembibitan sengon sebesar Rp 9.738.980,-. 

Dan usahatani pembibitan tanaman sengon sudah mencapai efisiensi usaha, dengan RCR sebesar 1,87.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah usahatani pembibitan sengon sudah efisien. Saran yang dapat disampaikan ialah usahatani bibit tanaman sengon di Kecamatan Leces kabupaten Probolinggo dapat diteruskan, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar daya tumbuh benih ditingkatkan, dan perlu adanya diversivikasi pengusahaan bibit tanaman yang prospektif. 

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...