Peranan Kelompok Tani Dalam Penyampaian Teknologi Baru Pada Petani Anggota Di Desa Boluroto Dan Banjarejo Kecamatan Manjarejo Kabupaten Blora (116)


BAB I

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Pertanian merupakan sektor yang sangat penting dan dominan, hal ini ditunjukan  dengan  banyaknya  penduduk  yang  tergantung  pada  pertanian. Namun  melihat  perkembangan  yang  terjadi,  pertanian  di  Indonesia  belum maksimal. Mulai dari  input  yang  digunakan sampai  output    yang dikeluarkanpun belum bisa diandalkan.
Keadaan  tersebut  bany;/span>ak disebabkan oleh  berbagai  faktor,  mulai dari keputusan petani dalam menentukan komoditas, penggunaan faktor produksi, panen,  serta pasca panen yang masih tradisional. Selain itu pengetahuan dan pengalaman petani juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dari usaha tani yang dilaksanakan oleh petani.

Guna  menunjang  perkembangan  pertanian  perlu  diteruskan    dan disempurnakan  usaha  penyuluhan   dan  pendidika pertanian,   juga   perlu dilanjutkan  perbaikan   dan   perluasan   prasarana,   pembukaan   lahan  ;span style="mso-spacerun: yes;"> baru, penyediaan  berbagai  sarana  prosuksi  yang  memadai,  kemudian  penyediaan kredit dengan syarat yang tidak terlalu membebani bagi petani, serta penelitian dan  pemilika teknologi   yang  tepat,  yang  disebarkan  keseluruh  daerah masyarakat petani ( Anonymous, 1988 ).
Untuk  mewujudkan  sasaran  pembangunan  pertanian  serta  merespon perkembangan   globalisasi   perekonomian   dan   tuntutakonsumen   yang semakin menekan pada aspek kontinuitas dan kualitas produk, maka pada PJP II  pemerintah  telah  menekankan  konsep  sistem  agribisnis  pembangunan pertanian  (Badan  Agribisnis,1995  dan  saragih,1998  b)  melalui  SK.Manteri Pertanian     R.I No.96/KPTS/OT.210/2/94,  tentang  pembentukan   badan agribisnis yang  mempunyai  tugas   pokok    melakukan  pembinaan    dan pengembangan  agribisnis.  Pendekatan  agribisnis  lebih  menekankan            pada aspek  manajemen  penguasaan  pasar  (kebutuhan  dan  harapan  konsumen) tentang kualitas dan kuantitas produk, daya saing dan penggunaan teknologi.
Untuk memudahkan penyerapan informasi-informasi yang baru biasanya dibentuklah   sebuah   wadah   untu menampung   informasi-informas yang masuk.  Wadah itu dinamakan kelompok tani, dimana melalui kelompok tani maka informasi yang dibutuhkan bisa cepat tersampaikan kepada petani. Peran dan fungsi dari kelompok tani akan berjalan, apabila para anggota  yang ada di dalamnya memahami fungsi dan peranan kelompok tani tersebut.
Dengan  melihat  latar  belakang  tersebut,  maka  diperlukan  penelitian mengenai peranan kelompok tani dalam menyampaikan teknologi baru pada petani anggota .

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
×
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...