Strategi Pemasaran Tape 31 di Kabupaten Bondowoso (125)


Pertanian mempunyai peranan penting dalam mendukung industri, sektor pertanian      menghasilan      beberapa komoditi yang merupakan         asset bagi pengembangan industri pengolahan hasil pertanian. Pengembangan hasil industri akan makin meluas dan diharapkan dapat mendapatkan basis dari sektor industri membuka kesempatan kerja dan lapangan pekerjaan atau berusaha. Dalam hal ini komoditi pertanian khususnya ketela pohon adalah merupakan  salah satu hasil pertanian  yang  berperan  dalam  bidang  pangan  bagi  penduduk  didaerah  yang rawan  pangan  yang  sampai  saat  ini  masih  ada.  Diketahui  bahwa  Indonesia merupakan   penghasil  ketela  pohon  terbesar  disbanding  dengan  negara  lain. Dengan keadaan    tersebut mendorong      kesempatan      untuk mengutamakan pendayagunaan ketela pohon sebagai : Pelet, Chip, Tapioka, Tape.

Berbagai gejala yang sulit   diukur  dengan              tepat, mengakibatkan pengurangan areal ketela pohon (ubi kayu). Pembangunan pengairan utamanya program  rehabilitas  yang  sedang  berjalan  telah  memungkinkan  komoditi  padi diganti dengan komoditi  yang lain seperti ketela pohon atau tanaman lain yang memperpanjang  masa  tanam  sampai   saat   ini  tanaman  ketela  pohon  belum ditangani  secara  serius  sehingga  produksi  ketela  pohon  dirasa  kurang  dalam memenuhi permintaan pasar. Hasil tanam yang sudah busuk tidak dapat disimpan lama tanpa ada pengolahan (Processing). Karena iti pabrik, mengolah surplus musiman dari hasil panen yang mudah busuk adalah penting. Demikian juga hasil pertanian  yang  tidak  dimakan  dalam  bentuk  seperti  ketika  akan  dipungut. Teknologin makanan yang sudah modern memungkinkan produksi-produksi baru (ATMOSHER,1997).
Strategi pengembangan yang ideal harus mampu menumbuhkan industri dipedesaan,  pertumbuhan  ekonomi,  peningkatan  nilai  tambah  dari  penyerapan tenaga kerja dalam rangka  menanggulangi konsentrasi sektor informal di kota industri  tape  Bondowoso  adalah  makanan  khas  daerah  yang  sudah  dikenal dimana-mana, disamping harganya yang relative murah dan mudah membawanya sehingga sering dijadikan oleh-oleh bagi tamu yang berkunjung ke Bondowoso.
Umur ketela pohon yang baik antara 9 sampai 12 bulan, musim ketela antara bulan Juni sampai bulan Desember setiap tahunnya. Sebagian besar ketela yang dikomsumsi menjadi tape adalah jenis ketela pohon yang berwarna kuning atau mentega Anonim, 2002).
Kegiatan  industri  tape  termasuk  kelompok  agro  industri  yang  dapat memberi  peluang bagi para petani untuk menanam ketela pohon dalam jumlah yang sangat besar dan juga merangsang pertumbuhan kerajinan anyaman bambu dalam bentuk Besek dan Keranjang tape (Anonim, 2002) Pemasaran tape sampai saat ini hanya skala lokal saja dan dibeberapa dearah  sekitar   Kabupaten  Bondowoso.  Hal  ini  dikarenakan  berbagai  faktor kapasitas  produksi,  ketrsedian  bahan  baku,  teknologi  produksi,  tenaga  kerja. Faktor-faktor     inilah     yang menentukan          keberhasilan            perusahan         dalam meningkatkan volume penjualan,  luas pangsa pasar, dan keuntungan. Untuk itu peran manajemen pemasaran sangat menentukan dalam meningkatkan efektivitas dan tercapainya sasaran perluasan seperti perluasan pangsa pasar dan keuntungan. Manajemen  pemasaran nantinya akan memunculkan bebrbagai strategi-strategi pemasaran untuk mengatasi masalah perusahaan baik dalam lingkuangan internal dan  eksternal  perusahaan  yaitu  meliputi  kekuatan,  kelemahan,  peluang,  dan ancaman.  Untuk  mengetahui  faktor-faktor  internal  dan   eksternal  perusahaan memerlukan  analisa  SWOT  (Srengjh,  Weakness,  Opportunity,  Treats),  karena akan  memudahkan  dalam  pemilihan  dan  penetapan  strategi  pemasaran  dalam upaya   meningkatkan  keuntungan  volume  penjualan,  dan  luas  pangsa  pasar. Karena      mengingat         pentingnya        manajemen       dan       stategi   pemasaran        untuk keberhasilan  suatu  perusahaan  tape,  maka  diperlukan  penelitian  dengan  judul “STRATEGI PEMASARAN TAPE 31 DI KABUPATEN BONDOWOSO”

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
×
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...