Strategi Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan Dan Lahan (GERHAN) Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam Di Kabupaten Tulungagung, … (36)

Tujuan penelitian adalah memahami peran Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN) dalam menanggulangi bencana lam, serta mengetahui dan menganalisis strategi Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN) di kabupaten Tulungagung. Penelitian tentang Kegiatan Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN) dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Tulungagung ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh baik secara internal maupun eksternal sebagai dasar penyusunan strategi. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, study pustaka, Checlist dan forum group discussion. Metode analisis kwalitatif dengan alat analisis SWOT untuk menentukan strategi yang dikaji dari kekuatan (Strenght), kelemahan (Weaknnesses) dan peluang (Opportunities), ancaman (Treaths). 


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN), kekuatan dan peluang memiliki nilai positif lebih tinggi dibanding kelemahan dan ancaman. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN) memiliki prospek yang cukup baik dengan penerapan strategi SO dimana strategi ini menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. 

Rumusan strategi tersebut adalah : (1) Mendayagunakan dukungan politik dan dana dari pemerintah pusat agar pencairannya tidak terlambat; (2) Mengusahakan tepatnya lokasi dan cara penanaman bibit, jenis, umur (preferensi masyarakat, agroklimat, kualitas lahan); (3) Membekali / memberdayagunaan para pelaksana dengan Iptek yang tepat; dan (4) Mendayagunakan partisipasi lembaga stakeholder (kelompok tani, LSM, TNI/POLRI, dll.). 

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
×
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...