Analisis Energi Panas Dan Massa Saturasi Selama Penggorengan Kacang Atom Berdasarkan Waktu Proses (126)

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Nusa Tenggara Barat terdiri atas 9 (sembilan) daerah tingkat II dengan mayoritas penduduk memiliki mata pencaharian sebagai petani. Salah satu daerah tingkat II di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki sumberdaya pertanian cukup melimpah adalah Kabupaten Lombok Barat (BAPPEDA Lombok Barat, 2005).
Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu kabupaten terluas di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang keadaan geografisnya menguntungkan, dengan luas wilayah 1672,15 km2. Pemandangan alamnya yang indah, tanah yang subur, serta cadangan air yang melimpah menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Komoditas unggulan hasil pertanian di Kabupaten Lombok Barat adalah kacang tanah, luas areal tanam kacang tanah di Kabupaten Lombok Barat adalah 12.429 Ha dengan rata-rata produksi per tahun sebesar 11,80 Kw/Ha atau 14.671 ton per tahun (BPS Kabupaten Lombok Barat, 2006).

Salah satu pekerjaan ke dalam pengelolaan kacang tanah yang masih kurang optimal ditingkat petani adalah kegiatan pascapanen yang berhubungan dengan tingkat kulitas yang ada pada kacang tanah tersebut. Masih kurangnya kesadaran para petani kacang tanah dalam mengubah kacang tanah menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi seperti pengolahan kacang tanah menjadi suatu produk makanan camilan berupa kacang atom, kacang telor, selai kacang dan banyak lainnya. Dalam hal ini, yang masih banyak peminatnya adalah kacang atom yang memiliki rasa yang gurih dan renyah serta harga yang lumayan murah membuat para konsumen masih banyak yang mengkonsumsi kacang atom sampai saat ini. Walaupun jumlah hasil panen kacang tanah di Lombok Barat cukup banyak seperti terlihat pada data di atas (BPS, 2006), namun usaha untuk meningkatkan produksi kacang atom belum banyak diminati, termasuk usaha meningkatkan kualitasnya. Kacang atom merupakan kacang tanah yang dibalut dengan adonan terigu kemudian digoreng sampai kering dan garing. Bahan utama dari kacang atom ini adalah kacang tanah dan tepung terigu.
Dalam proses penggorengan kacang atom terjadi suatu fenomena panas. Panas dialirkan melalui plat besi berupa wajan yang kemudian disalurkan ke media pemanas berupa minyak. Panas dari minyak kemudian disalurkan ke bahan. Minyak sebagai penghantar panas ke bahan. Untuk menganalisis pindah panas dan pindah massa suatu proses, tahapan yang harus dilakukan adalah menentukan data-data yang dapat digunakan sebagai bahan perhitungan nilai-nilai termal dari proses khususnya proses penggorengan.
Ketika bahan dimasukkan dalam minyak panas, suhu permukaan akan naik dengan cepat dan air akan menguap. Bagian permukaan mulai mengering yang diikuti bagian dalam secara perlahan. Suhu bagian permukaan bahan akan mencapai suhu panas minyak. Laju pindah panas dikendalikan oleh perbedaan suhu antara minyak dan bahan pangan dan oleh koefisien pindah panas permukaan. Laju penetrasi panas ke dalam makanan dikendalikan oleh konduktivitas termal bahan
Dalam perencanaan suatu alat, perlu sebuah tahapan awal dalam bidang teknologi pertanian untuk menganalisa energi pindah panas dan pindah massa selama penggorengan kacang atom sebagai dasar perancangan alat penggorengan kacang atom sehingga nantinya dapat memecahkan masalah dalam suatu produksi kacang atom di NTB khususnya dan dapat meningkatkan kualitas hasil produksi kacang atom dan juga membantu para petani kacang tanah dan industri kacang atom dalam meningkatkan hasil produksinya secara kuantitatif maupun kualitasnya.
Sehingga dalam hal ini perlu adanya suatu percobaan untuk mencari atau menganalisis karakteristik termal pada proses penggorengan kacang atom sebagai dasar dalam perancangan mesin dan peralatan penggorengan kacang atom. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan judul “Analisis Energi Panas dan Massa Saturasi Penggorengan Kacang Atom Berdasarkan Waktu Proses” 

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Tidak ada komentar:

Cara Seo Blogger
×
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...